Pengaruh konsentrasi starter monascus sp. kjr 2 terhadap total kapang monascus dan produksi pigmen pada media biji lupin (Lupinus angustifolius L.)

Widjaja, Roseline Saraswati (2013) Pengaruh konsentrasi starter monascus sp. kjr 2 terhadap total kapang monascus dan produksi pigmen pada media biji lupin (Lupinus angustifolius L.). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada umumnya, pembuatan angkak menggunakan media beras karena mengandung banyak pati, namun saat ini telah diupayakan berbagai bahan sebagai media pertumbuhan Monascus dengan tujuan diversifikasi media. Kedelai telah digunakan sebagai media fermentasi Monascus sp. sehingga kemungkinan lupin yang memiliki komposisi kimia mirip dengan kedelai dapat juga digunakan sebagai media fermentasi Monascus sp. Pada proses fermentasi, konsentrasi starter merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam keberhasilah fermentasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh konsentrasi starter Monascus sp. KJR 2 terhadap total kapang Monascus dan produksi pigmen pada media biji lupin. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor dengan perlakuan yaitu perbedaan konsentrasi starter yang terdiri dari 4 level (4% v/b, 6% v/b, 8% v/b, 10% v/b). Masing masing perlakuan diulang sebanyak enam kali. Pengujian yang dilakukan meliputi analisa total kapang, kadar pigmen larut etanol, dan pH. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisa varians (ANAVA) pada α = 5%. Apabila hasil uji ANAVA menunjukan adanya pengaruh nyata, dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) pada α = 5% untuk mengetahui taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata. Data penelitian menunjukkan adanya pengaruh konsentrasi starter terhadap peningkatan total kapang dan kadar pigmen Monascus sp. seiring dengan meningkatnya konsentrasi starter yang digunakan, tetapi terjadi penurunan pada konsentrasi starter 10% v/b sehingga perlakuan terbaik yang dipilih adalah konsentrasi starter 8% v/b.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Monascus sp. KJR 2, total kapang, produksi pigmen, biji Lupin, konsentrasi starter.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:36
Last Modified: 11 Aug 2017 08:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item