Pengaruh perbedaan konsentrasi pati termodifikasi elastigel 1000j terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik soft candy susu kedelai

Sugiarto, Melisa (2013) Pengaruh perbedaan konsentrasi pati termodifikasi elastigel 1000j terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik soft candy susu kedelai. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)

Abstract

Soft candy susu kedelai adalah salah satu bentuk penganekaragaman produk yang dihasilkan dari susu kedelai karena biasanya soft candy yang berbahan baku susu dibuat dari susu sapi. Pembuatan soft candy biasanya menggunakan gelatin sebagai bahan membentuk tekstur chewy dan plastis bersama dengan margarin, tetapi penggunaan gelatin diwaspadai oleh sejumlah masyarakat karena kehalalannya. Penggunaan pati termodifikasi elastigel 1000J merupakan salah satu altematif pengganti gelatin sehingga soft candy halal. Pembuatan soft candy susu kedelai dalam penelitian ini dibuat dengan menggunakan bahan nabati. Pati termodifikasi elastigel 1000J dapat berinteraksi dengan sukrosa, sirup glukosa, margarin, dan susu kedelai sehingga dapat mempengaruhi sifat fisikokimia dan organoleptik soft candy susu kedelai. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal, terdiri dari enam level perlakuan penambahan pati termodifikasi elastigel 1000J yaitu 3%, 3,5%, 4%, 4,5%, 5%, dan 5,5% (b/b) dari bahan selain pati yang dibutuhkan dalam proses pembuatan soft candy. Tiap perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak empat kali. Data yang diperoleh dari hasil penelitian akan dianalisa secara statistik untuk mengetahui apakah ada perbedaan antar perlakuan dengan menggunakan uji ANOVA (Analysis of Varians) pada α = 5%. Apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test). Penambahan pati termodifikasi elastigel 1000J pada permen soft candy susu kedelai berpengaruh nyata terhadap kadar air, aw, tekstur (hardness dan adhesiveness), dan sifat organoleptik soft candy. Pemilihan perlakuan terbaik berdasarkan hasil organoleptik dan Aw dengan uji pembobotan adalah P4 (4,5% pati termodifikasi elastigel 1000J) dengan nilai Aw 0,67, kesukaan rasa 6,17 (agak suka), tekstur (kelengketan) 6,73 (suka), dan kemudahan dikunyah 6,71 (suka).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: soft candy, susu kedelai, pati termodifikasi elastigel 1000J.
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 11 Aug 2017 05:50
Last Modified: 11 Aug 2017 05:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12142

Actions (login required)

View Item View Item