Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi

Adhyatma, Made Dharmawan Rama (2016) Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi. INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 01 (01). pp. 22-34. ISSN 2528-0104

[thumbnail of Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi]
Preview
Text (Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi)
Jurnal Insan.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi-peer review] Text (Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi-peer review)
R1&2_Pengaruh...pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi] Text (Pengaruh penerapan positive behaviour support terhadap pengembangan budaya inklusi)
1-Pengaruh_Penerapan...Hasil Cek Plagiasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah ada pengaruh penerapan positive behavior support terhadap pengembangan budaya inklusi Surabaya. Budaya inklusi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekumpulan nilai dan perilaku yang mencerminkan usaha untuk mewujudkan tujuan sekolah inklusi, yaitu memberikan hak yang sama bagi seluruh anak untuk mendapatkan layanan pendidikan agar mereka bisa mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Penelitian ini dilakukan pada 243 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat pengumpulan data berupa skala psikologis, yaitu skala budaya inklusi yang disusun oleh peneliti mengacu pada index for inclusion dari Booth dan Ainscow (2002). Analisis data dilakukan dengan teknik statistik Wilcoxon signed ranks test dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Positive behavior support memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk meningkatkan budaya inklusi (r=0.38, p<0.05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: budaya inklusi, positive behavior support
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Made Dharmawan Rama Adhyatma
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:17
Last Modified: 14 Jun 2019 07:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item