Pengaruh waktu pengukusan jagung kuning hibrida dan lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung terhadap sifat fisik dan organoleptiknya

Loekito, Okky Purnama (2013) Pengaruh waktu pengukusan jagung kuning hibrida dan lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung terhadap sifat fisik dan organoleptiknya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Susu kedelai jagung dibuat dengan perbandingan kedelai: jagung kuning hibrida = 70:30. Penggunaan jagung berfungsi memperbaiki citarasa langu (beany flavor) dari susu kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu pengukusan jagung kuning hibrida yang tepat dan lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung sehingga diperoleh susu kedelai jagung dengan sifat fisik dan organoleptik yang disukai oleh konsumen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial dengan menggunakan dua faktor, yaitu waktu pengukusan jagung kuning hibrida dengan taraf faktor 15, 30, dan 45 menit dan lama penyimpanan dingin (60C) dengan taraf faktor 0, 1, dan 2 hari. Percobaan dilakukan sebanyak tiga kali ulangan. Sifat Fisik yang diamati adalah viskositas, kestabilan koloid, dan total padatan terlarut (TPT). Uji organoleptik yang dilakukan meliputi uji kesukaan terhadap kekentalan, warna, dan rasa. Data dianalisa dengan Analysis of Variance (ANOVA) pada α= 5% dan apabila uji ANOVA menunjukkan pengaruh nyata maka dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada α= 5%. Hasil penelitian menunjukkan waktu pengukusan jagung kuning hibrida dan lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung berpengaruh nyata terhadap TPT, kestabilan koloid, dan viskositasnya. Semakin lama waktu pengukusan jagung maka semakin meningkat TPT (9,01%), kestabilan koloid (2,57%), dan viskositas (18,56%) susu kedelai jagung. Lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung meningkatkan TPT (14,15%) dan viskositasnya (22,11%) sedangkan kestabilan koloidnya menurun 6,21%. Waktu pengukusan jagung kuning hibrida dan lama penyimpanan dingin susu kedelai jagung berpengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan kekentalan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan warna dan rasa susu kedelai jagung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: susu kedelai jagung, jagung kuning hibrida, pengukusan, penyimpanan dingin
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:47
Last Modified: 10 Aug 2017 04:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item