Pengaruh proporsi Apel Rome Beauty dan Rosella terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik selai lembaran Apel Rome Beauty Rosella

Sutanto, Meliana (2017) Pengaruh proporsi Apel Rome Beauty dan Rosella terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik selai lembaran Apel Rome Beauty Rosella. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. abstrak meli.pdf

Download (688kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
3. BAB I pra skripsi meli fix 2.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
4. BAB II skripsi meli.pdf

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
5. BAB III skripsi meli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
6. BAB IV pembahasan meli.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
7. BAB V kesimpulan meliiiiii (2 files merged).pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran 1 meli (3 files merged).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Selai lembaran apel rome beauty rosella merupakan selai yang berbahan dasar apel rome Beauty dan rosella yang dibentuk lembaran, dimana penggunaanya tidak dioles namun hanya dilepas dari kemasannya. Keunggulan dari selai lembaran ini terletak pada pemakaiannya yang praktis. Karakteristik selai lembaran yang baik adalah teksturnya lembut, kokoh, permukaannya glossy, dan saat dilepas dari kemasannya tidak mudah hancur. Pada pembuatan selai lembaran apel rosella proporsi apel rome beauty dan rosella yang digunakan dapat mempengaruhi karakteristik fisikokimia dan organoleptik selai lembaran apel rosella. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor, yaitu proporsi apel dan rosella (P) yang terdiri dari enam level, yaitu 95%:5% (P1); 90%:10% (P2); 85%:15% (P3); 80%:20% (P4); 75%:25% (P5); 70%:30% (P6), dari apel dan rosella yang digunakan. Pengulangan pada percobaan dilakukan sebanyak empat kali. Analisa selai lembaran apel rosella yang dilakukan meliputi penentuan kadar air, tekstur, warna, pH, antioksidan, serat, tingkat sineresis, dan uji organoleptik kesukaan meliputi rasa, warna, dan kekokohan. Perbedaan proporsi apel rome Beauty dan rosella mempengaruhi pH, kadar air, tingkat sineresis, nilai tekstur (hardness, adhesiveness, cohesiveness), warna, organoleptik rasa, warna, dan kekokohan. Peningkatan proporsi rosella menyebabkan penurunan pH, hardness, cohesiveness, dan adhesiveness. Warna selai lembaran apel rome beauty rosella merah keunguan. Perlakuan terbaik yang ditentukan dengan metode spider web pada selai lembaran apel rome beauty adalah proporsi apel rome beauty rosella 80%:20% yang memiliki nilai kadar air 33,67%, pH 3,95, hardness 1124,44 g, adhesiveness -1057,524 g.s, cohesiveness 0,138, total serat pangan 2,01%, total fenol 813,3206 serta tingkat kesukaan panelis dari parameter rasa 4,60, warna 4,87, dan kekokohan 4,36 dengan standar nilai skor 1-7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agriculture Technology: Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: Selai lembaran, apel rome beauty, rosella
Subjects: Agriculture and Food Technology
Agriculture and Food Technology > Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Meliana Sutanto
Date Deposited: 28 Jul 2017 05:57
Last Modified: 28 Jul 2017 05:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item