Monitoring kontaminan dalam produk 'food', formula balita, dan pakan ternak (2008-2016) beserta toksisitasnya

Budiprayogo, Brandon (2017) Monitoring kontaminan dalam produk 'food', formula balita, dan pakan ternak (2008-2016) beserta toksisitasnya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Agricultural Technology. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Kontaminan merupakan senyawa yang tidak diinginkan dalam produk pangan, dimana senyawa tersebut dapat menyebabkan efek negatif apabila tidak dikendalikan. Kontaminan ini meliputi kontaminan fisik, kimia, dan mikrobiologis untuk industri edible oilsdan fats. Umumnya, kontaminan yang dapat menyebabkan masalah dalam proses produksi tergolong dalam kontaminan kimia dan mikrobiologis. Senyawa-senyawa yang tergolong kedua jenis kontaminan ini meliputi aflatoxin, dioxin, Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAH), Mineral Oil Hydrocarbons (MOH), logam berat, pestisida, dan mikroorganisme. Setiap data untuk kontaminan di atas telah dibentuk menjadi datasheet dalam setiap tahunnya mulai dari 2008 sampai 2016. Datasheet tersebut disatukan dalam satu datasheet gabungan untuk kedua lokasi, Wormerveer dan Maasvlakte, untuk dipresentasikan kepada customer. Studi toksisitas dilakukan untuk mendukung pentingnya pengendalian kontaminan tersebut yang bersifat karsinogen terhadap manusia dan hewan. Data berupa teks yang ada (< batas deteksi) diubah dahulu menjadi angka dengan menggunakan rumus 0,9*batas deteksi, sedangkan data yang sudah berupa angka langsung digunakan untuk membuat grafik. Tipe grafik yang digunakan berupa scatter dan block. Setiap titik pada grafik mewakili satu sampel dalam setiap tahun, namun, dalam kasus lain, digunakan rata-rata dari beberapa pengujian dalam tahun yang sama. Grafik tersebut dilengkapi dengan batas yang bertujuan untuk monitoring data selama dekade terakhir. Batas ini berbeda untuk tiap produknya. Batas untuk produk pakan ternak lebih tinggi daripada produk ‘food’ maupun formula balita. Grafik yang dihasilkan menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2008 hingga 2016, kontaminan hampir selalu di bawah batas, meskipun terdapat beberapa kasus kontaminan yang melebihi batas. PT. XYZ akan menangani hal tersebut dengan melakukan tindakan korektif dan kendali sesuai dengan jenis kontaminan terkait. Jika tingkat kontaminan terlalu tinggi dalam produk akhir untuk dikirim sebagai produk ’food’, maka akan dialokasikan untuk kebutuhan teknis. Kontribusi yang diberikan dari proyek ini adalah minyak mineral (terutama Mineral Oil Saturated Hydrocarbons (MOSH) / Mineral Oil Aromatic Hydrocarbons (MOAH)) dapat dihasilkan dari bleaching earth yang diaktivasi dengan asam dan perlakuan panas. PT. XYZ akan menguji MOSH/MOAH dalam bleaching earth yang digunakan.Grafik yang dihasilkan dari proyek ini juga menjadi sarana dalam menunjukkan hasil kerja perusahaan dalam customer audit.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: kontaminan, monitoring, edible oils, fats
Subjects: Agriculture and Food Technology
Agriculture and Food Technology > Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Brandon Budiprayogo
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:40
Last Modified: 28 Jul 2017 06:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item View Item