Analisis dan Evaluasi Pengendalian Internal Kas pada PT. X

Budi, Evelyn (2017) Analisis dan Evaluasi Pengendalian Internal Kas pada PT. X. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Widya Mandala Catholic University Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (765kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kas merupakan aset keuangan dan instrumen keuangan yang liquid. Kas juga merupakan aktiva lancar yang rawan terhadap terjadinya pencurian dan fraud, sehingga dibutuhkan pengendalian internal. Pengendalian internal merupakan proses yang dilakukan oleh dewan direksi, manajemen, dan personel lain yang dirancang untuk memberikan jaminan wajar mengenai pencapaian tujuan yang berkaitan dengan operasi, pelaporan, dan kepatuhan. Dalam kegiatan operasional perusahaan, kas memegang peranan penting dalam memenuhi kewajiban finansial. Perusahaan menggunakan kas untuk biaya operasional sehari-hari, seperti biaya dinas sales, dan uang makan pegawai mingguan. Pengeluaran yang rutin tersebut perlu diawasi agar tidak sampai terjadi pencurian pada uang kas, sehingga membutuhkan perusahaan membutuhkan pengendalian internal. Pengendalian internal yang dilakukan meliputi pengendalian internal penerimaan kas secara tunai dan melalui piutang, serta pengeluaran kas secara tunai dan kredit. Hal tersebut dilakukan perusahaan demi menjaga kas dari pencurian ataupun fraud. PT. X yang bergerak di bidang distribusi keramik mempunyai kelemahan dalam pengendalian internal kas, karena Standard Operating Procedures (SOP) yang ada belum baik. Selain itu, belum adanya pemisahan tugas merupakan kelemahan dalam pengendalian internal yang tidak maksimal. Hal ini membuktikan bahwa sistem akuntansi dan pengendalian internal di PT. X belum memenuhi kriteria pengendalian internal kas yang baik. Pengendalian internal merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan, tanpa adanya pengendalian internal perusahaan dapat mengalami kerugian dan penipuan oleh sumber daya di dalamnya. Pengendalian intenal yang baik akan mampu melindungi dan memperbaiki sistem perusahaan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: kas, pengendalian internal, pengendalian internal kas
Subjects: Business > Accounting Diploma
Business
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Evelyn Budi
Date Deposited: 28 Jul 2017 06:49
Last Modified: 28 Jul 2017 06:49
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item