Pengaruh struktur kepemilikan, capital intensity ratio dan inventory intensity ratio terhadap perencanaan pajak pada perusahaan manufaktur di BEI periode 2013-2016

Sardjono, Yosephine Agnes (2017) Pengaruh struktur kepemilikan, capital intensity ratio dan inventory intensity ratio terhadap perencanaan pajak pada perusahaan manufaktur di BEI periode 2013-2016. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK2.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Terjadinya konflik kepentingan antara perusahaan dengan pemerintah mengenai pajak, menyebabkan perusahaan melakukan perencanaan pajak untuk meminimalkan pajak yang dibayar oleh perusahaan. Strategi perencanaan pajak sebuah perusahaan tentu tidak lepas dari kebijakan yang berlaku dalam perusahaan, sehingga perlu diketahui bagaimana pengaruh kebijakan perusahaan terhadap perencanaan pajak perusahaan. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah menguji dan menganalisis pengaruh struktur kepemilikan, capital intensity ratio dan inventory intensity ratio terhadap perencanaan pajak. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Variabel dependen adalah perencanaan pajak yang diukur dengan tarif pajak efektif (EIT), sedangkan variabel independen adalah struktur kepemilikan, capital intensity ratio dan inventory intensity ratio. Jenis data adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan capital intensity ratio dan inventory intensity ratio berpengaruh positif signifikan terhadap perencanaan pajak, sedangkan struktur kepemilikan tidak berpengaruh signifikan terhadap perencanaan pajak (EIT). Kepemilikan manajerial pada perusahaan tergolong rendah sehingga tidak mempengaruhi perencanaan pajak (EIT), sedangkan kepemilikan institusional tergolong besar, sehingga kepemilikan institusional tidak memiliki peran dalam proses perencanaan pajak perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pajak, Struktur Kepemilikan, Capital Intensity Ratio, Inventory Intensity Ratio
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Yosephine Agnes Sardjono
Date Deposited: 25 Jul 2017 11:15
Last Modified: 25 Jul 2017 11:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item