Fraksinasi senyawa flavonoid dari ekstrak etanol herba Peperomia pellucida yang berpotensi sebagai inhibitor xantin oksidase dengan metode kromatografi kolom

Prihastuti, Angelina Ajeng (2017) Fraksinasi senyawa flavonoid dari ekstrak etanol herba Peperomia pellucida yang berpotensi sebagai inhibitor xantin oksidase dengan metode kromatografi kolom. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (32MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 skripsi.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 Dapus.pdf

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Gabung.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

Suruhan (Peperomia pellucida (L.) Kunth) adalah salah satu tanaman herba yang diketahui dapat digunakan untuk pengobatan penyakit asam urat. Penelitian tentang suruhan (Peperomia pellucida (L.) Kunth.) secara in vivo telah dilakukan, dan hasil menujukkan bahwa suruhan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ekstrak etanol suruhan (Peperomia pellucida (L.) Kunth.) juga telah diuji secara in vitro berpotensi dalam inhibisi enzim xantin oksidase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi inhibisi dari fraksi ekstrak etanol herba suruhan (Peperomia pellucida (L.) Kunth) dibandingkan dengan allopurinol dan ekstrak etanolnya. Ekstrak etanol herba suruhan (Peperomia pellucida (L.) Kunth) didapat dengan cara perkolasi menggunakan pelarut etanol 96%, selanjutnya dilakukan fraksinasi menggunakan kromatografi kolom dengan fase diam silika dan fase gerak n-heksan, n-heksan-etil asetat, etil asetat, etil asetat-etanol, dan etanol. Hasil fraksi yang mengandung senyawa flavonoid diuji daya inhibisinya terhadap enzim xantin oksidase menggunakan alat spektrofotometer UV pada λ 290 nm. Absorbansi diamati setiap 10 detik selama 10 menit pada konsentrasi 0,25 ppm – 5 ppm untuk ekstrak etanol dan fraksi, sedangkan untuk allopurinol diamati pada konsentrasi 0,2 ppm – 3,2 ppm. Hasil yang diperoleh menunjukkan fraksi yang memiliki potensi inhibisi terhadap enzim xantin oksidase adalah fraksi etil asetat-etanol dengan nilai IC50 5,00 ± 0,06 ppm, sedangkan ekstrak etanol herba suruhan dan pembanding allopurinol memiliki nilai IC50 0,33± 0,07 ppm dan 0,84 ± 0,02 ppm. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan fraksi etil asetat-etanol ekstrak etanol herba suruhan memiliki potensi inhibisi xantin oksidase, namun potensi yang dimiliki lebih rendah dibandingkan dengan ekstrak etanolnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Herba suruhan, Peperomia pellucida (L.) Kunth., fraksinasi, xantin oksidase
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Angelina Ajeng Prihastuti
Date Deposited: 19 Jul 2017 01:58
Last Modified: 19 Jul 2017 01:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11470

Actions (login required)

View Item View Item