Laporan kerja praktek PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. pabrik Tuban 01 Juni - 30 Juni 2016

Saputra, Muhammad Ridho Agus and Maran, Apolonaris Ama (2016) Laporan kerja praktek PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. pabrik Tuban 01 Juni - 30 Juni 2016. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk berdiri pada tanggal 7 Agustus 1957 yang diresmikan oleh presiden RI pertama, Ir.Soekarno. Pada tanggal 15 September 1995 PT Semen Indonesia berkonsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa. Pada tahun 2005 Perseroan menerapkan sinergi pada seluruh grup yaitu di Semen Padang, Semen Gresik, dan Semen Tonasa. Sinergi dilakukan untuk memaksimalkan keunggulan masing-masing perusahaan, baik di bidang operasional, pemasaran, dan pengadaan bersama. Perseroan juga meningkatkan kualitas pengelolaan organisasi dan melakukan komunikasi intensif dengan seluruh pemangku kepentingan di masing-masing operating company. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memproduksi dua jenis semen yaitu Ordinary Portland Cement (OPC) dengan berat kantong isi 50 kg per packer dan Pozzolan Portland Cement (PPC) dengan berat kantong isi 40 kg per packer. Selain itu, PT Semen Indonesi (Persero) Tbk juga menyediakan kantong jumbo isi 1 ton dan curah. Secara garis besar proses pembuatan semen dibagi menjadi lima tahap, yaitu penyiapan bahan baku, penggilingan bahan mentah, pembakaran, penggilingan akhir, dan pengemasan. Keseluruhan proses menggunakan proses kering. Kelancaran proses produksi PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. didukung oleh beberapa seksi yaitu seksi utilitas (penyediaan air, udara tekan, genset, dan IDO), seksi pengolahan limbah (mengatasi pencemaran udara dengan pemasangan dan perawatan electrostatic precipitator dan gravel bag filter), seksi pengendalian proses, dan seksi jaminan mutu (menjamin kualitas semen dengan didukung oleh laboratorium kimia, laboratorium fisika, dan laboratorium X-ray). Daerah Pemasaran PT. Semen Indonesia (Pesero) Tbk meliputi seluruh wilayah Indonesia dan menjalin kerjasama hubungan dagang dengan luar negeri, antara lain produk Semen Indonesia telah diekspor ke Thailand, Singapura, maupun Mexico. Pemasaran produk yang dihasilkan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk saat ini melingkupi luar negeri sebesar 2-3% dan dalam negeri sebesar 97-98%. Keunggulan daya saing perseroan untuk dapat terus mempertahankan pangsa pasar terbesar, didukung dengan adanya fasilitas produksi yang tersebar di Indonesia mendekati sumber bahan baku dan wilayah pemasaran. Wilayah barat terdapat di Padang Sumatera Barat (Semen Padang), di bagian tengah ada di Tuban (Semen Gresik) dan akan bertambah di Rembang di akhir tahun 2016, sedang untuk Indonesia Timur terdapat di Makasar (Semen Tonasa). Fasilitas produksi di luar negeri ada di Vietnam (Thang Long Cement Vietnam) yang juga mendukung ekspor. Untuk kelancaran distribusi semen agar selalu tersedia di pasaran yang mendukung strategi “move closer to the customer, Perseroan memiliki 26 packing plant yang tersebar dari Aceh, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali hingga di Sorong Papua.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Muhammad Ridho Agus Saputra
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:58
Last Modified: 07 Nov 2017 08:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item