Pembuatan material nano-komposit zinc/silver/alumina-silika untuk meningkatkan efektifitas anti bakteri pada E.Coli dan S.Aureus

Ekaputra, Andrian and Ondang, Immanuel Yoshua (2016) Pembuatan material nano-komposit zinc/silver/alumina-silika untuk meningkatkan efektifitas anti bakteri pada E.Coli dan S.Aureus. Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting di dunia dan khusunya di Indonesia sendiri. Penelitian terkait tentang peningkatan kualitas hidup dan kesehatan terus digalakkan di berbagai belahan dunia. Bahkan pada periode 15 tahun terakhir jumlah penelitian yang berhubungan dengan pencegahan dan terapi terhadap penyakit meningkat dengan pesat. Salah satu topik penelitian yang mengemuka adalah peningkatan efisiensi dari material anti-bakteri. Salah satunya adalah bahan anti bakteri dari jenis oksida logam. Partikel tersebut pada umumnya dibentuk dalam ukuran yang sangat kecil untuk meningkatkan efisiensi. Namun, partikel yang berukuran sangat kecil dapat menyebabkan terjadinya penggabungan antar sesama partikel (aggregation) sehingga dapat mengurangi kemampuan senyawa tersebut dalam membunuh bakteri. Sehingga, diperlukan upaya untuk meminimalkan agregasi dan meningkatkan kapasitas antibakteri. Nanoporous material mempunyai potensi untuk dapat digunakan sebagai media logam oksida dengan konsentrasi tinggi dan meminimalkan agregasi. Pada penelitian ini dipelajari bagaimana pengaruh dari ukuran pori nanoporous material, konsentrasi maksimal bahan anti bakteri, serta komposisi dari campuran bahan anti bakteri yang diujikan pada dua jenis bakteri yaitu, bakteri gram positif (S.aureus) dan gram negatif (E.coli). Proses pertama yang dilakukan pada penelitian ini adalah mensintesa nanoporous material dengan berbagai macam ukuran pori (MCM-41 (3nm), SBA-15A (5nm), SBA-15B (8nm)). Setelah material disintesa, dilakukan proses loading bahan anti bakteri (ZnO) dengan variasi konsentrasi (5%, 10%, 20%) pada material yang bervariasi ukuran porinya. Setelah proses loading selesai, dilakukan tes anti bakteri. Selanjutnya tes anti bakteri dilakukan pada kondisi optimum dengan bahan Al2O3 dan Ag2O. Setelah didapat bahan bakteri yang memberikan hasil terbaik pada kedua jenis bakteri, dilakukan tes anti bakteri untuk mengetahui persentase campuran oksida logam (25%:75%, 50%:50%, 75%:25%; (Zn:Al)). Dari penelitian penentuan jenis material serta konsentrasi optimum didapatkan MCM-41 dengan loading sebesar 10% memberikan hasil optimum pada penurunan konsentrasi S.Aureus dan E.Coli. Maka pada tahap berikutnya dipilih MCM-41 sebagai nanocarrier (pembawa metal oxide ) dan konsentrasi metal oxide dalam silica sebesar 10%. Hasil analisa menunjukkan bahwa , Al2O3 memberikan hasil terbaik untuk penurunan konsentrasi bakteri S.aureus dan ZnO pada bakteri E.coli. Selanjutnya pada penelitian kombinasi oksida logam didapatkan bahwa perbandingan massa ZnO dan Al2O3 dengan persentase 75% untuk ZnO dan 25% untuk Al2O3 yang memberikan hasil terbaik.

Item Type: Monograph (Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Anti bakteri, nano-komposit, zinc, silver, alumina, silika
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Adrian Ekaputra
Date Deposited: 09 Nov 2017 05:25
Last Modified: 09 Nov 2017 05:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item