Analisis isi press release PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. di tinjau dari persepektif jurnalistik

Tjiong, Jessica Santoso (2014) Analisis isi press release PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. di tinjau dari persepektif jurnalistik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Public relations atau Humas tidak hanya sekedar membuat rancangan strategis, sebagai juru bicara perusahaan, melainkan menurut Word PR Report hampir 70% kegiatan humas merupakan aktivitas tulis-menulis. Kegiatan menulis yang dimaksud, salah satunya membuat press release untuk dipublikasikan ke wartawan di media massa terutama dalam surat kabar, khusus penelitian ini. Press Release PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada bulan Januari- Desember 2012 sejumlah 48 release dan dipublikasikan di media surat kabar sebanyak 549 buah sesuai dengan standarisasi media massa. Dengan menggunakan metode analisis isi, release tersebut cenderung mengarah ke jenis Basic publicity release, karena memiliki banyak kegiatan terutama pada kegiatan CSR/amal. Untuk bahasa jurnalistik, release ini menulis sesuai dengan Ejaan bahasa indonesia yang baku, kemudian untuk unsur nilai berita, paling banyak mengandung nilai Timeline (waktu), sedangkan dalam jenis lead, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk lebih mengusung unsur What Lead daripada unsur lead lainnya. Kemudian, release ini memuat Struktur piramida terbalik yang lebih disukai oleh wartawan surat kabar dan tata letak penulisan release sesuai format yang telah ditentukan oleh perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Analisis isi, Press release.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2015 03:03
Last Modified: 16 Mar 2016 08:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item