Kualitas susu sapi berbagai peternak di daerah Surabaya dan Malang

Kumala, Stella Dwi (2011) Kualitas susu sapi berbagai peternak di daerah Surabaya dan Malang. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAb 1.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAb 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAb 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAb 6.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAmpiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

Susu merupakan produk yang bernilai gizi tinggi sehingga permintaan konsumen terhadap susu maupun produk olahan susu meningkat. Kualitas susu sapi dipengaruhi oleh kondisi peternakan, pemeliharaan dan pemerahan sapi. Penelitian ini perlu dilakukan karena kualitas bahan baku sangat menentukan kualitas produk olahan. Apabila bahan baku tidak memenuhi standar maka produk olahan pun juga tidak memenuhi standar. Jadi penelitian ini perlu dilakukan karena kualitas susu merupakan salah satu titik kritis dalam proses produksi produk olahan susu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah analisa korelasi kondisi peternakan, pemeliharaan dan pemerahan dengan kualitas susu dengan metode regresi serta dilakukan uji pembobotan untuk menentukan susu yang memiliki kualitas terbaik. Penelitian ini terdiri dari 5 sampel yang berasal dari peternakan di area Surabaya dan 4 sampel yang berasal dari peternakan di area Malang. Pengujian dilakukan dengan 3 kali ulangan di mana 1 unit eksperimen sebanyak 1 liter. Parameter pengujian yang dilakukan adalah pengujian fisikokimia (berat jenis, lemak, berat kering tanpa lemak, kadar protein, keasaman Soxhet Henkel) dan pengujian mikrobiologis (total mikroba dan total coliform) Kualitas susu sapi wilayah Surabaya dan Malang belum memenuhi Standar Nasional Indonesia No 01-0341-1998, terutama terhadap persyaratan total coliform. Namun demikian apabila persyaratan coliform ini diabaikan maka setidaknya terdapat 3 sampel susu yang memenuhi persyaratan fisikokimia (berat jenis, kadar protein, kadar lemak, berat kering tanpa lemak, dan total asam) dan persyaratan mikrobiologis (total bakteri dan total coliform). Kualitas susu sapi bila ditinjau dari sifat mikrobiologis yang belum memenuhi persyaratan disebabkan oleh kondisi sanitasi sapi, kandang sapi, pekerja, maupun peralatan yang digunakan dalam pemerahan belum memenuhi persyaratan sedangkan bila ditinjau dari sifat fisikokimia belum memenuhi persyaratan disebabkan oleh pemberian pakan konsentrat dan pakan hijauan yang tidak memenuhi persyaratan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Selain itu, juga dipengaruhi oleh jadwal pemerahan yang berubah-ubah dan tidak seimbang antara selang waktu pemerahan pagi dan sore.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology : Food Technology Study Program" not defined]
Uncontrolled Keywords: susu, sapi, peternakan, pemerahan
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:00
Last Modified: 20 Jun 2017 04:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10989

Actions (login required)

View Item View Item