Pengaruh variasi konsentrasi Monosodium glutamat (MSG) sebagai sumber nitrogen pada media biji durian petruk terhadap pertumbuhan dan produksi pigmen dari Monascus sp. KJR

Rosemary, . (2013) Pengaruh variasi konsentrasi Monosodium glutamat (MSG) sebagai sumber nitrogen pada media biji durian petruk terhadap pertumbuhan dan produksi pigmen dari Monascus sp. KJR. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Daya tarik produk pangan di era moderen sekarang ini tidak lepas dari peran pewarna bahan pangan. Penggunaan pewarna bahan pangan diharapkan dapat memperbaiki kenampakan dari suatu produk pangan agar memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri di mata konsumen. Monascus sp. merupakan kapang yang menghasilkan pigmen berwarna oranye, kuning, dan merah yang dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan dan minuman. Pertumbuhan dan produksi pigmen Monascus sp. umumnya dilakukan dengan cara fermentasi padat. Media pertumbuhan Monascus sp. yang sering digunakan adalah produk pertanian yang mengandung pati dalam jumlah besar, yaitu beras. Seiring dengan berkembangnya penelitian, limbah hasil pertanian seperti biji durian diketahui berpeluang sebagai alternatif lain media pertumbuhan. Biji durian varietas Petruk memiliki kandungan protein 3,965%, pati 25,195%, lemak 0,985%, abu 1,590%, dan kadar air 45,670% (Pirt, 1985). Monosodium Glutamat (MSG) merupakan salah satu sumber nitrogen yang dapat merangsang pertumbuhan dan meningkatkan perolehan pigmen Monascus sp. melalui fermentasi padat pada biji durian. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh variasi konsentrasi Monosodium Glutamat (MSG) sebagai sumber nitrogen pada media biji durian petruk terhadap pertumbuhan dan produksi pigmen dari Monascus sp. KJR2 Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan perlakuan konsentrasi Monosodium Glutamat (MSG) (0%b/b; 0,5%b/b; 1,0%b/b; 1,5%b/b; 2,0%b/b; 2,5%b/b). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak empat kali. Pengujian yang dilakukan meliputi analisa angka lempeng total angkak, kadar pigmen larut etanol, dan kadar pigmen larut air. Data selanjutnya dianalisa menggunakan analisa varians (ANOVA) pada α = 5%. Apabila hasil uji ANOVA menunjukan adanya pengaruh nyata, dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada α = 5% untuk mengetahui taraf perlakuan yang memberikan perbedaan nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Monascus, pigmen, biji durian Petruk, Monosodium Glutamat (MSG)
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:33
Last Modified: 01 Aug 2017 08:05
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item