Pengaruh proporsi tepung (ganyong pre-gelatinisasi : beras) dan rasio air : tepung terhadap sifat fisikokimia dan nilai cerna bubur bayi

Hermanto, Paulus Christian Ade (2013) Pengaruh proporsi tepung (ganyong pre-gelatinisasi : beras) dan rasio air : tepung terhadap sifat fisikokimia dan nilai cerna bubur bayi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
Bab 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahan penyusun utama dari MP-ASI bubur bayi adalah tepung beras, yang dapat dikombinasi dengan bahan lain seperti ganyong (Canna edulis Ker.) yang kaya akan pati. Karakter pati ganyong yang sulit mempertahankan air setelah gelatinisasi menyebabkan perlunya pre-gelatinisasi pada tepung ganyong. Pre-gelatinisasi tersebut mampu meningkatkan nilai cerna tepung ganyong dan produk yang menggunakannya jika digunakan untuk mensubstitusi terigu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi sumber pati (tepung ganyong pre-gelatinisasi : tepung beras Mentik Wangi) dan pengaruh rasio air : tepung dalam tiap proporsi sumber pati terhadap sifat fisikokimia dan nilai cerna pati bubur bayi yang dihasilkan. Rancangan penelitian MP-ASI bubur bayi ini adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial Tersarang dengan rasio air : tepung (A) tersarang dalam proporsi sumber pati (P). Proporsi sumber pati terdiri dari tiga taraf perlakuan, yaitu tepung ganyong : tepung beras = 40:60% (P1), 50:50% (P2), dan 60:40% (P3), sedangkan rasio air : tepung terdiri dari dua taraf perlakuan, yaitu 9:1 (A1) dan 11:1 (A2). Data dianalisa dengan ANAVA pada �=0,05 untuk mengetahui adanya pengaruh faktor dilanjutkan dengan uji LSD pada �=0,05 untuk mengetahui perbedaan pengaruh level perlakuan. Proporsi tepung (ganyong pre-gelatinisasi : beras) tidak berpengaruh nyata terhadap viskositas dan kadar dekstrin bubur bayi, namun berpengaruh nyata terhadap nilai cerna pati bubur bayi. Nilai cerna Proporsi tepung P3 lebih besar dari proporsi tepung P1 dan P2, yaitu 183,8010 mg/g sampel. Rasio air : tepung berpengaruh nyata terhadap viskositas, kadar dekstrin, dan nilai cerna bubur bayi yang dihasilkan. Rasio air : tepung (A1) memiliki viskositas lebih besar dari A2 pada tiap kelompok sarang proporsi tepung (P1, P2, dan P3). Rasio air : tepung (A1) memiliki kadar dekstrin lebih rendah dari A2 pada tiap kelompok sarang proporsi tepung (P1, P2, dan P3). Rasio air : tepung (A1) memiliki nilai cerna pati lebih rendah dari A2 pada tiap kelompok sarang proporsi tepung (P1, P2, dan P3).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: MP-ASI bubur bayi, tepung ganyong pre-gelatinisasi, tepung beras, nilai cerna pati
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2017 06:30
Last Modified: 01 Aug 2017 08:04
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item