Pengaruh perbedaan proporsi teh hijau-stevia dan perbedaan suhu penyimpanan terhadap aktivitas antidiabetik minuman teh hijau-stevia dalam kemasan botol plastik

Wibisono, Johanna (2017) Pengaruh perbedaan proporsi teh hijau-stevia dan perbedaan suhu penyimpanan terhadap aktivitas antidiabetik minuman teh hijau-stevia dalam kemasan botol plastik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V..pdf

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teh hijau seringkali dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki berbagai efek kesehatan, namun konsumsi minuman teh menggunakan sukrosa (pemanis berkalori) dapat menaikkan potensi terkena penyakit diabetes melitus. Stevia sebagai bahan pemanis memiliki indeks glikemik nol atau tanpa kalori sehingga dapat menjadi alternatif pemanis bagi penderita diabetes melitus. Minuman teh dewasa ini dinikmati dalam kemasan botol plastik karena alasan kepraktisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh proporsi stevia dan teh hijau, pengaruh suhu penyimpanan dan interaksi keduanya terhadap aktivitas antidiabetik minuman teh hijau stevia. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan desain faktorial menggunakan dua faktor. Faktor yang digunakan yaitu perbedaan proporsi antara stevia dengan teh hijau yang terdiri lima taraf (100:0, 92:8, 84:16, 76:24, dan 68:32) dan suhu penyimpanan yang terdiri dari dua taraf (suhu ruang (29-32°C) dan suhu refrigerator (4-6°C)). Aktivitas antidiabetik diuji berdasarkan kemampuan penghambatan aktivitas enzim α-amilase, dan enzim α-glukosidase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penurunan penghambatan enzim α-amilase selama penyimpanan lebih besar seiring dengan bertambahnya proporsi stevia. Persentase penurunan penghambatan enzim α-glukosidase selama penyimpanan lebih kecil seiring dengan bertambahnya proporsi stevia kecuali pada proporsi 84:16. Interaksi yang terjadi antara perbedaan proporsi teh hijau-stevia dengan penurunan penghambatan enzim α-amilase adalah antagonistik sedangkan pada α-glukosidase sinergistik. Penyimpanan minuman teh hijau-stevia pada suhu ruang menyebabkan penurunan penghambatan aktivitas α-amilase dan α-glukosidase yang lebih besar dibandingkan dengan penyimpanan pada suhu refrigerator. Interaksi yang terjadi antara perbedaan suhu penyimpanan dengan penurunan penghambatan enzim α-amilase dan α-glukosidase sinergistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Teh hijau, stevia, minuman dalam botol, antidiabetik
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 4176 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 02:29
Last Modified: 02 Jun 2017 02:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10885

Actions (login required)

View Item View Item