Penentuan model Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan analisis fungsi transfer

Asrini, Luh Juni (2017) Penentuan model Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan analisis fungsi transfer. Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, 1 (1). ISSN 2579-6410 / 2579-6402

[thumbnail of Penentuan model Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan analisis fungsi transfer] Text (Penentuan model Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan analisis fungsi transfer)
PENENTUAN MODEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Penentuan model Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan analisis fungsi transfer-peer review] Text (Penentuan model Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menggunakan analisis fungsi transfer-peer review)
R1 & 2 Penentuan Model ...........pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

Permasalahan yang seringkali dihadapi oleh investor dalam dunia industri pasar modal, berkaitan dengan pengambilan keputusan mengenai penanaman suatu investasi pada penyertaan saham adalah ketidakpastian faktor-faktor internal, eksternal dan global. Salah satu indikator nasional yang dijadikan pegangan oleh para investor adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan suatu pemodelan dari IHSG dengan menggunakan analisis fungsi transfer. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap IHSG adalah harga emas dunia (Harga emas dunia), indeks harga saham Nikkei, indeks harga saham Hangseng, Dow Jones Industrial Average (indeks DJI), dan nilai tukar Rupiah terhadap dollar Amerika (kurs). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan metode peramalan yang tepat melalui metode fungsi transfer yang dapat digunakan memprediksi nilai IHSG, sehingga dapat membantu para investor dalam mengambil keputusan terhadap dana yang akan diinvestasikan. Selain itu, untuk mengetahui hubungan antara Harga emas dunia, indeks Nikkei, indeks Hangseng, indeks DJI, dan kurs terhadap IHSG melalui metode fungsi transfer. Hasilnya menunjukkan bahwa model fungsi transfer dengan input kurs merupakan model terbaik yang dapat digunakan untuk meramalkan IHSG periode ke depan. Hasilnya juga menunjukkan bahwa prediktor yang signifikan adalah Harga emas dunia, indeks Nikkei, indeks Hangseng, indeks DJI, dan kurs.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model fungsi transfer, IHSG
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 26 May 2017 07:01
Last Modified: 17 Jan 2018 01:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item