Perancangan prosedur operasional standar sistem penjualan kredit untuk meningkatkan pengendalian internal CV. Lab Creative Abadi

Meilanny, . (2017) Perancangan prosedur operasional standar sistem penjualan kredit untuk meningkatkan pengendalian internal CV. Lab Creative Abadi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Sistem akuntansi merupakan komponen organisasi yang digunakan untuk mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisis informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan kepada pihak-pihak luar, seperti inspektur pajak, investor, kreditur dan kepada pihak-pihak dalam terutama pihak manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun prosedur operasi standar (POS) sistem penjualan kredit untuk meningkatkan pengendalian internal pada CV. Lab Creative Abadi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara meninjau langsung ke objek penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Analisis permasalahan dilakukan berdasarkan data-data yang telah diperoleh dari perusahaan untuk menemukan permasalahan yang ada, kemudian dibandingkan dengan teori yang diperoleh dari berbagai literatur untuk selanjutnya ditarik kesimpulan permasalahan. Hasil penelitian menunjukkan Prosedur Operasi Standar (POS) tidak tertulis (belum ada) dalam melaksanakan transaksi penjualan kredit pada CV. Lab Creative Abadi. Untuk saat ini walaupun bagian-bagian yang terkait seperti bagian sales counter, bagian gudang, bagian pengiriman, bagian penagihan dan bagian akuntansi bisa berjalan dengan lancar karena semua tanggung jawab yang ada sudah ditangani oleh masing-masing bagian, ada celah yang memungkinkan terjadinya penyimpangan. Sebagai contoh di bagian Akuntansi, faktur penjualan kredit langsung diarsipkan tanpa dicatat dahulu ke dalam jurnal dan rekening buku besar (tanpa pencatatan yg seharusnya).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Prosedur operasi standar sistem penjualan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 4075 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2017 01:26
Last Modified: 17 Feb 2017 01:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item