Cintya, . (2017) Perancangan Standar Operasional Prosedur siklus penjualan kamar secara kredit pada Hotel Bintang Empat (Studi praktik kerja pada Hotel MGMS). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (743kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (101kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (91kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Studi praktik kerja dilakukan di Hotel MGMS yang merupakan hotel bintang 4 yang berada di Surabaya. Untuk dapat bertahan dalam persaingan, maka Hotel MGMS menyediakan penjualan kamar secara kredit bagi company, travel agent, dan government. Hotel MGMS merupakan perusahaan jasa dimana peran karyawan dalam menjalankan sebuah proses bisnis sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan hidup hotel. Agar proses bisnis dapat direalisasikan dengan baik oleh para karyawan, maka hotel membutuhkan Standard Operating Procedure (SOP) yang mendasari karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Saat ini Hotel MGMS memang telah memiliki SOP penjualan kamar secara kredit, akan tetapi SOP tersebut dibuat tahun 2006 dan tidak sesuai dengan kondisi operasional Hotel MGMS saat ini. Banyaknya dokumen yang digunakan, perubahan dunia perhotelan dari tahun 2006-2016, dan pentingnya pelayanan karyawan terhadap guest menjadikan SOP penjualan kamar secara kredit Hotel MGMS perlu untuk diperbarui. Jenis penelitian yang digunakan oleh pemagang dalam penelitian ini adalah penelitian eksploratori yang tidak berhipotesis. Fokus pemagang adalah membahas fasilitas kamar karena penjualan kamar paling kompleks dan memiliki beberapa golongan guest, serta terdiri dari 2 kegiatan yaitu saat guest check in dan check out. SOP yang dibuat oleh pemagang merupakan SOP sederhana dan merupakan pilot project bagi Hotel MGMS, diharapkan SOP penjualan kamar secara kredit dapat diterapkan dan pihak Hotel MGMS akan mengembangkan SOP yang dibuat oleh pemagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Standard Operating Procedure (SOP), penjualan kamar secara kredit, fasilitas kamar |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 06:46 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 06:46 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/10247 |
Actions (login required)
View Item |